Aksi Demo di Malaysia

Posted by sukacita 1 comments

Malaysia Tahan Lebih 200 Orang Pendemo

Kepolisian Malaysia mengatakan paling tidak 222 orang ditangkap menyusul demonstrasi besar menuntut reformasi pemilihan umum. 

Polisi melepaskan gas air mata dan meriam air dalam upaya membubarkan ribuan demonstran yang menduduki jalan-jalan di ibukota Kuala Lumpur.


Para pengacara mengatakan sebagian besar orang yang ditahan diperkirakan akan segera dibebaskan setelah indentitas mereka dicatat, namun tidak jelas apakah mereka akan dikenakan dakwaan.

Para pejabat mengatakan tiga demonstran dan 20 polisi terluka dalam demonstrasi hari Sabtu (28/04).

Unjuk rasa semula berlangsung damai dan diwarnai dengan nyanyian lagu nasional dan juga teriakan slogan-slogan. Namun sejumlah pengunjuk rasa marah karena dilarang masuk ke pusat kota dan polisi memasang kawat berduri.

Upaya demonstran untuk masuk ke pusat kota ditangani polisi dengan gas air mata dan air yang dicampur dengan bahan kimia.

Polisi memperkirakan jumlah pendemo sekitar 30.000 orang namun media independen Malaysia mengatakan yang hadir dua kali lipat.

Bentrokan ini adalah yang kedua kali yang diprakarsai oleh kelompok reformasi pemilu, Bersih. Unjuk rasa yang sama bulan Maret tahun lalu berakhir dengan lebih dari 1.600 orang ditangkap.


Bersih dan kelompok oposisi menuntut reformasi yang lebih luas oleh Perdana Menteri Najib Razak untuk diakhirinya apa yang mereka anggap manipulasi oleh koalisi yang berkuasa untuk tetap mempertahankan jabatan.

"Pesan yang kami kirim ke Najib adalah kita harus melakukan pemilihan yang bersih," kata pemimpin oposisi Anwar Ibrahim kepada massa sebelum bentrokan terjadi.

PM Najib sendiri menyanggah adanya peraturan yang memihak ini.

"Kami tidak mau dipilih melalui kecurangan. Kami adalah pemerintah yang dipilih oleh rakyat," kata Najib seperti dikutip kantor berita Bernama.

Bersih mengatakan mereka juga mendapatkan dukungan melalui sejumlah demo kecil di luar negeri.

Di Hong Kong, sekitar 400 warga Malaysia juga melakukan unjuk rasa menutut hak pemilih bagi warga yang tinggal di luar negeri. sumber: BBC Indonesia

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Aksi Demo di Malaysia
Ditulis oleh sukacita
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://yoilah.blogspot.com/2012/04/aksi-demo-di-malaysia_29.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

1 comments:

susuultra023 said...

bandar sabung ayam

Post a Comment

Komentar

Template by Berita Update - Trik SEO Terbaru. Original design by Bamz | Copyright of Pilpres , Capres, Jokowi, Prabowo indonesia 2014.