Bom Terbesar Dalam Sejarah Umat Manusia

Posted by sukacita 3 comments

Ledakan Tsar Bomba Milik Uni Soviet

Tepat pada tanggal 30 Oktober 1961, Uni Soviet (sekarang Rusia) merayakan keberhasilannya menciptakan Raja Diraja Bom, yang bertipe Termonuklir. Disebut sebagai Raja Diraja Bom dikarenakan daya ledaknya yang belum ada tandingannya hingga saat ini. Bom ini termasuk bom hidrogen dengan kemampuannya yang sangat luar biasa.

Yang aneh dari temuan ilmuwan Rusia ini adalah bahwa bom tersebut dibuat hanya dua buah, satu yang sudah diledakkan yang artinya sudah tidak ada lagi, dan satunya hanya diciptakan sebagai “duplikat” Bom Tsar, dan disimpan sebagai memory saja. Bahkan Rusia tidak menunjukkan indikasi sedang dan akan memproduksi bom Tsar ini dalam jumlah besar sampai setakat ini, entah masa yang akan datang.

Disebabkan publikasi yang kurang gencar dan temporer saja, tidak sehebat bom nuklir buatan Amerika Serikat, yang sudah menggemparkan Perang Dunia II dan digembar-gemporkan sebagai bom terhebat sepanjang sejarah pada zamannya, saat meluluhlantakkan Nagasaki dan Hiroshima, Bom Tsar tidak menjadi berita populer di kalangan umum.

Penemu bom yaitu Tim perancang adalah tim fisikawan yang dipimpin oleh Julii Borisovich Khariton dan Andrei Sakharov, Victor Adamsky, Yuri Babayev, Yuri Smirnov, dan Yuri Trutnev

Bom Tsar yang dibuat hanya dalam 15 minggu ini. sampai kini masih sebagai bom terhebat sepanjang zaman. Untuk Bom Tsar seberat 27 ton, panjang 8 meter dan diameter 2 meter, dengan daya ledak sebesar 50 Megaton TNT, menghasilkan identitas sebagai berikut :
  • Membentuk awan jamur setinggi 64 km
  • Dasar awan jamur selebar 40 km
  • Ledakannya sepuluh kali lipat dibandingkan dengan seluruh bom yang meledak di Perang Dunia II, termasuk nuklir Nagasaki dan Hiroshima, dan 30.000 kali lipat ledakan Hiroshima dan Nagasaki.
  • Ledakannya menyebabkan gangguan radio komunikasi selama beberapa jam
  • Kilau cahayanya sangat terang dan meskipun langit mendung, dapat terlihat hingga 1000 km
  • Selama ini tidak ada manusia yang mati karena bom Tsar ini
  • Jika bom tersebut diledakkan di dalam bumi, mampu menghasilkan gempa setara 7.1 skala richter.
  • Peledakan 10,5 km di atas permukaan tanah, jilatan apinya mampu mencapai bumi
  • Menyisakan sampah radioaktif yang kecil
  • Panas dari ledakan dapat menyebabkan luka bakar tingkat tiga dalam radius 100 km dari dari titik ledak
  • Menghasilkan efek Thermal Pulse sejarak 270 km dan lama ledakan sekitar 46 menit.
  • Rencananya akan diledakkan 100 megaton, tetapi tidak dilaksanakan sebab mempertimbangkan akibatnya bagi atmosfir.
Dengan kemampuan menciptakan dan kepemilikan bom hidrogen ini, kekuatan Rusia mampu menghancurkan seluruh daratan Amerika Serikat, Benua Eropa, Asia, Afrika dan seluruh negara di dunia ini. Setelah tanggal 1 Oktober 1961 tersebut, kedua pihak baik Amerika Serikat maupun Rusia tidak melakukan uji coba bom lagi yang artinya Amerika Serikat belum mampu menciptakan bom yang melebihi Bom Tsar Rusia ini.
sumber: kompasiana

artikel terkait : Tsar Bomba
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Bom Terbesar Dalam Sejarah Umat Manusia
Ditulis oleh sukacita
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://yoilah.blogspot.com/2012/04/bom-terbesar-dalam-sejarah-umat-manusia.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

3 comments:

Unknown said...

trimaksih gan thank bgt infonya ya :D

sekedar info ajja bagi informasi buat agan" yang laagi bingung atau mengalami kesulitan dalam mengurus surat" penting seprti sim,stnk,dan sebagainya ane ada tempatnya nih mudah bgt tinggal pilih dibawah
biro jasa sim
biro jasa bpkb
biro jasa perizinan
biro jasa stnk

Jasa SEO said...

aku suka dengan infonya jadi bisa nambah fafasan nih

susuultra023 said...

bandar sabung ayam

Post a Comment

Komentar

Template by Berita Update - Trik SEO Terbaru. Original design by Bamz | Copyright of Pilpres , Capres, Jokowi, Prabowo indonesia 2014.