Ada 'Jumat Keramat' di KPK

Posted by sukacita 1 comments
Komisi Pemberantasan Korupsi dikenal sebagai lembaga penegak hukum yang tak pernah membiarkan pelaku kejahatan bebas berkeliaran. Setiap orang yang ditetapkan tersangka pasti berujung pada penahanan.

Namun, ada hal yang menarik di balik penahanan tersangka. Mereka selalu ditahan pada hari Jumat. Contohnya politikus Demokrat Angelina Sondakh, tersangka kasus suap Wisma Atlet dan proyek Kementerian Pendidikan yang ditahan pada Jumat, 27 April 2012 lalu.

Sederet nama tersangka korupsi lainnya juga ditahan pada hari Jumat. Sebut saja, mantan Kepala Pusat Penanggulangan Krisis Departemen Kesehatan Rustam Pakaya yang ditahan pada Jumat, 20 April 2012, Ketua DPRD Jawa Tengah Murdoko, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Seluma, Erwin Panama, dan  Direktur Operasional PT Puguh Permai, Ali Amra. Ketiga nama terakhir ditahan pada Jumat, 13 April 2012.

Kebiasaan KPK menahan tersangka memunculkan istilah di kalangan internal lembaga antikorupsi itu. Mereka menyebut hari Jumat adalah hari keramat. "Karena semua tersangka yang diperiksa pada hari Jumat kemungkinan besar ditahan," kata seorang sumber di KPK.

Wartawan KPK pun resah meninggalkan lembaga antikorupsi itu saban Jumat. Tentu saja, penyebabnya adalah rasa khawatir ketinggalan momen. Misalnya penangkapan Nunun Nurbaetie, buron suap cek pelawat pemilihan Deputi Gubernur Bank Indonesia yang isunya juga berhembus pada Jumat malam. Tak mau kecolongan informasi, banyak kuli tinta yang bertahan di kantor KPK pada Jumat malam.

Ternyata benar. Sabtu, 10 Desember 2011, Nunun pun dinyatakan tertangkap.

Seorang pejabat di lembaga antikorupsi itu mengatakan bahwa penahanan tersangka pada hari Jumat bukan karena unsur mitos. Namun, itu merupakan salah satu strategi untuk mengatasi tekanan politik dalam menahan tersangka.

Salah satu sumber Tempo di KPK membenarkan hari Jumat menjadi momok buat para tersangka koruptor. “Pokoknya, kalau diperiksa hari Jumat, hampir pasti akan ada penahanan. Sebab, Jumat itu keramat di sini,” katanya.  
sumber: tempo.co
Kenapa Jumat Dianggap 'Keramat' di KPK 
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Ada 'Jumat Keramat' di KPK
Ditulis oleh sukacita
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://yoilah.blogspot.com/2012/05/ada-jumat-keramat-di-kpk.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

1 comments:

susuultra023 said...

bandar sabung ayam

Post a Comment

Komentar

Template by Berita Update - Trik SEO Terbaru. Original design by Bamz | Copyright of Pilpres , Capres, Jokowi, Prabowo indonesia 2014.