Foke Ubah Gaya Kampanye

Posted by sukacita 1 comments
Setelah kalah pada putaran pertama pemilihan Gubernur DKI Jakarta, 11 Juli lalu, Fauzi Bowo mengubah gaya kampanyenya. Dulu pria berkumis itu terkesan kaku, pemarah, dan arogan di depan publik. Kalimatnya juga sering bernada tinggi. Namun, kini kesan itu mulai menghilang. Tak ada lagi suara tinggi yang ia keluarkan di depan warga.

Lihatlah saat Foke, begitu Fauzi biasa dipanggil, berbicara di depan peserta pelatihan dai kader Nahdlatul Ulama. Saat dia bicara, spanduk terlepas. Semua pakunya copot. Foke tak marah. Foke, yang juga anggota Mustasyar Syuriah Nahdlatul Ulama, malah nyeletuk: "Kalau kayak begini, apa saya bilang, serahkan pada ahlinya." Tawa para dai muda itu berderai. Semua sudah mafhum dengan guyonan calon gubernur yang pada pemilihan 2007 mengusung slogan "Serahkan pada Ahlinya" itu.

Hal itu terungkap dalam laporan khusus majalah Tempo edisi 30 Juli 2012. Kubu Foke memang kudu menyusun strategi dan jurus baru agar tak keok lagi di putaran kedua. Apalagi perolehan suara pada putaran pertama--Foke 33 persen dan pesaingnya, Joko Widodo 42 persen--tak sesuai dengan hasil survei terakhir Saiful Mujani Research dan Consulting yang disewa timnya. Survei terakhir digelar 14 hari sebelum pencoblosan. "Hasilnya, Fauzi Bowo 45 persen, Jokowi 28 persen," kata Saiful Mujani. "Sisanya belum memilih."

Saiful mengatakan kekeliruan bukan pada surveinya. Menurut dia, kesalahan terjadi karena lembaga survei luput merekam dinamika yang berubah cepat sepekan sebelum pemungutan suara. Selama rentang waktu itu, tim sukses Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli juga dinilai kurang ngotot ketimbang tim lawan.

Agaknya, setelah evaluasi, tim Foke-Nara menggelar pembenahan. Mereka memetakan lagi pemilih dan sebaran pendukung. Termasuk mengevaluasi kelemahan dan kekuatan. Kesimpulannya: Foke disarankan mengubah kesan galak dan arogan. "Fauzi Bowo sesungguhnya ekspresif dan spontan," kata Irfan Asya''ari Sudirman alias Ipang Wahid, Direktur Eksekutif Fastcomm, konsultan media yang disewa tim Foke.

Selain menyewa konsultan media, tim Foke memperpanjang kontrak Saiful Mujani Research and Consulting dan Jaringan Suara Indonesia. Dua lembaga itu ditugasi memetakan lagi basis dukungan serta menganalisis kekuatan dan kelemahan lawan. Ada juga beberapa tambahan tim baru untuk membantu memoles gubernur inkumben.

Dua ahli pidato didatangkan untuk melatih Foke dan Nara dalam berdebat. Ahli program neurolinguistik juga didatangkan. "Tim ini khusus melatih berpidato dan mengatur vibrasi suara, mengingat tone suara Fauzi cenderung meninggi," kata Ipang. Satu tim lagi menggarap media sosial yang selama ini dianggap menjadi titik terlemah kubu Foke.

sumber : tempo.co
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Foke Ubah Gaya Kampanye
Ditulis oleh sukacita
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://yoilah.blogspot.com/2012/07/foke-ubah-gaya-kampanye.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

1 comments:

susuultra023 said...

bandar sabung ayam

Post a Comment

Komentar

Template by Berita Update - Trik SEO Terbaru. Original design by Bamz | Copyright of Pilpres , Capres, Jokowi, Prabowo indonesia 2014.