Rusia dan Cina memveto resolusi DK soal Suriah

Posted by sukacita 1 comments
Rusia dan Cina memveto resolusi Dewan Keamanan PBB, hari Kamis (19/07), yang mengusulkan sanksi lanjutan terhadap Presiden Suriah Bashar al-Assad.

Dalam rancangan resolusi disebutkan PBB akan mengeluarkan sanksi bila Presiden Assad terus memakai persenjataan berat dalam menghadapi perlawanan oposisi.

Disebutkan pula bahwa rencana perdamaian Kofi Annan -utusan internasional untuk masalah Suriah- akan diperkuat dengan Bab 7 Piagam PBB, dengan harapan Dewan Keamanan akan memiliki kewenangan menjatuhkan sanksi, mulai dari sanksi ekonomi, diplomatik, hingga intervensi militer.

Negara-negara Barat -yang diwakili Inggris, Prancis, Jerman, dan Amerika Serikat- mengatakan resolusi ini berfokus ke pemberian sanksi ke Suriah, bukan campur tangan militer.

Di dalamnya secara spesifik ditulis bahwa Suriah akan dijatuhi sanksi bila tidak menarik persenjataan berat dari berbagai kota dalam kurun 10 hari.

Namun sebelum pemungutan suara, Rusia sudah menegaskan bahwa mereka menolak dimasukkanya Bab 7 ke dalam prakarsa Annan.

Inggris dan Prancis kecewa

Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov, menggambarkan usul ini sebagai tak lebih dari upaya memeras dan mengancam Suriah.

Untuk ketiga kalinya Rusia dan Cina mementahkan upaya Dewan Keamanan dalam menekan pemerintah di Damaskus untuk mengakhiri konflik yang telah berlangsung selama 16 bulan dan menewaskan ribuan orang.

Atas sikap Rusia dan Cina ini, Inggris dan Prancis mengatakan sangat kecewa.

"Tindakan Rusia dan Cina sama dengan melindungi rezim yang brutal. Mereka lebih mementingkan kepentingan sendiri daripada jutaan rakyat Suriah," kata Mark Lyall, duta besar Inggris untuk PBB.

Duta Besar Prancis untuk PBB, Gerard Araud, mengtakan keputusan Rusia dan Cina tidak akan melemahkan upaya negaranya membantu rakyat Suriah.

"Kami tidak akan berhenti hanya karena dua veto ini. Kami akan terus membantu oposisi Suriah mewujudkan transasi demokrasi," kata Araud.

Dalam pemungutan suara di Dewan Keamanan, 11 negara mendukung, sementara dua negara abstain.

Lima belas negara anggota Dewan Keamanan akan bertemu kembali membahas mandat pemantau tak bersenjata di Suriah pada Jumat malam.
sumber : BBC Indonesia
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Rusia dan Cina memveto resolusi DK soal Suriah
Ditulis oleh sukacita
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://yoilah.blogspot.com/2012/07/rusia-dan-cina-memveto-resolusi-dk-soal.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

1 comments:

susuultra022 said...

judi sabung ayam

Post a Comment

Komentar

Template by Berita Update - Trik SEO Terbaru. Original design by Bamz | Copyright of Pilpres , Capres, Jokowi, Prabowo indonesia 2014.