Korea Utara Kembali Ancam Korea Selatan

Posted by sukacita 1 comments
Menteri Luar Negeri Jerman Guido Westerwelle, Jumat 8 Maret 2013, mendesak Cina menggunakan pengaruhnya atas Korea Utara untuk membujuk Pyongyang menghentikan ancaman dan provokasinya. Westerwelle menilai, sikap Korea Utara itu akan memperparah isolasi dari dunia internasional.


Korea Utara mengancam akan melakukan serangan nuklir pendahuluan terhadap Amerika Serikat, dan sekutunya, Korea Selatan, karena dianggap menunjukkan sikap permusuhan. Pemicunya adalah sikap Amerika Serikat yang menggalang lahirnya resolusi baru yang akan memperketat sanksi terhadap Korea Utara setelah melakukan ujicoba nuklir 12 Februari 2013 lalu.


Resolusi itu akhirnya dikeluarkan PBB dalam sidang di New York, Amerika Serikat, Kamis, 7 Maret 2013. Resolusi itu memuat sejumlah sanksi, antara lain larangan impor barang mewah oleh elite Korea Utara. Sanksi lainnya berupa embargo senjata dan larangan perdagangan dalam teknologi nuklir dan rudal.


Westerwelle menyambut baik dukungan Cina, yang dikenal sebagai sekutu terpenting Pyongyang, atas resolusi baru PBB tersebut. Tapi dia menambahkan, "Beijing harus memberitahu penguasa di Korea Utara bahwa dengan ancaman-ancaman baru dan sejumlah provokasinya itu, mereka telah melangkah terlalu jauh."


"Saya mendesak Cina untuk menggunakan pengaruhnya untuk meyakinkan Pyongyang bahwa hasutan, perang retorika, provokasi, dan pelanggaran atas hukum internasional itu harus berakhir," kata Westerwelle.


Duta Besar Cina di PBB, Li Baodong, mengatakan, Beijing ingin "implementasi penuh" dari resolusi baru tersebut. Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan Kamis malam, Kementerian Luar Negeri China menyebut sanksi itu "sebagai respons yang diperlukan dan moderat" atas uji nuklir Korea Utara pada 12 Februari lalu.


Sejumlah diplomat di PBB menekankan soal peran penting Cina. Menurut mereka, keberhasilan langkah-langkah terbaru ini akan tergantung pada seberapa keras kemauan Cina untuk menerapkannya.

sumber : tempo.co
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Korea Utara Kembali Ancam Korea Selatan
Ditulis oleh sukacita
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://yoilah.blogspot.com/2013/03/korea-utara-kembali-ancam-korea-selatan.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

1 comments:

susuultra022 said...

sabung ayam live

Post a Comment

Komentar

Template by Berita Update - Trik SEO Terbaru. Original design by Bamz | Copyright of Pilpres , Capres, Jokowi, Prabowo indonesia 2014.