Venezuela Tutup Saluran Komunikasi dengan AS

Posted by sukacita 1 comments
Pemerintah Venezuela menutup saluran komunikasi informal dengan Amerika Serikat. Menteri Luar Negeri Elias Jaua, Rabu 20 Maret 2013, mengatakan penutupan ini dilakukan setelah pejabat luar negeri AS memberikan komentar soal pemilihan Presiden Venezuela bulan mendatang.

Negara anggota OPEC ini menjalin kontak terakhir pada tahun lalu dengan Roberta Jacobson, diplomat senior AS untuk Amerika Latin. Kontak itu untuk meningkatkan hubungan bilateral kedua negara yang mengalami ketegangan selama bertahun-tahun.

Namun, kata Jaua, upaya itu kini dihentikan setelah Jacobson memberikan pernyataan terbaru tentang pemilu 14 April untuk mencari pengganti mendiang Presiden Hugo Chavez.

"Dengan komentar Jacobson terbaru, kita telah menyadari bahwa hal itu tidak masuk akal untuk terus membuang-buang waktu (mencoba meningkatkan hubungan)," kata Jaua saat upacara untuk menghormati dua diplomat Venezuela yang diusir dari Washington.

Jaua merujuk ke segmen wawancara Jacobson dengan surat kabar Spanyol El Pais pekan lalu. Dalam wawancara itu, Jacobson mengatakan: "Siapa saja bisa menang. Capriles bisa menjadi presiden yang baik, tapi kami tidak punya (calon) favorit," kata dia.

Henrique Capriles adalah tokoh yang diusung oposisi untuk menghadapi Nicholas Maduro, pejabat presiden Venezuela yang diusulkan menjadi presiden dari partai Chavez, Partai Sosialis Bersatu Venezuela.

Hubungan antara Washington dan Karakas tegang selama 14 tahun pemerintahan Chavez oleh perang kata-kata, saling mengusir diplomat, dan benturan "ideologis" atas sejumlah soal seperti perdagangan bebas hingga perang terhadap narkoba.

Nicolas Maduro, Ahad lalu, juga menuduh Kementerian Pertahanan Amerika Serikat dan Dinas Rahasia AS CIA merencanakan untuk membunuh Capriles, saingannya, sebagai upaya untuk memicu kudeta menjelang pemilu. Amerika Serikat membantah tuduhan itu.

Pada hari kematian Chavez, 5 Maret 2013, Venezuela mengusir dua diplomat AS atas tuduhan mencoba bersekongkol dengan militer Venezuela. Washington membalasnya dengan pengusiran serupa.
sumber : tempo
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Venezuela Tutup Saluran Komunikasi dengan AS
Ditulis oleh sukacita
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://yoilah.blogspot.com/2013/03/venezuela-tutup-saluran-komunikasi.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

1 comments:

susuultra022 said...

ayam bangkok

Post a Comment

Komentar

Template by Berita Update - Trik SEO Terbaru. Original design by Bamz | Copyright of Pilpres , Capres, Jokowi, Prabowo indonesia 2014.