Latihan militer Amerika Serikat Korsel dimulai

Posted by sukacita 2 comments


Amerika Serikat dan Korea Selatan sudah memulai latihan militer bersama tahunan di tengah-tengah ketegangan dengan Korea Utara berkaitan dengan sanksi PBB.

Latihan ini -dengan nama sandi Key Resolve- berlangsung dimulai beberapa hari setelah Klik PBB menjatuhkan sanksi kepada Korea Utara karena melakukan uji coba nuklir bulan lalu.

Sekitar 13.000 personil akan ikut serta dalam latihan yang baru dimulai ini. Sementara latihan militer bersama lainnya, Foal Eagle, sudah berlangsung sejak awal Maret.

Keduanya merupakan latihan militer rutin Klik Amerika Serikat dan Klik Korea Selatan, yang selalu mendapat kecaman dari Utara.

Pemerintah Pyongyang mengecam keras latihan militer ini dan sudah mengancam akan membatalkan Klik gencatan senjataKlik yang mengakhiri perang di semenanjung Korea dan memutus komunikasi langsung.

Komunikasi langsung terputus

Negara-negara Barat curiga negara komunis itu sedang mengembangkan hulu ledak nuklir kecil yang bisa ditempatkan di peluru kendali walau diyakini bahwa saat ini Korut belum memiliki kemampuan tersebut.

Sementara Seoul mengatakan bahwa Korea Utara mengatakan Korut sudah memutus komunikasi langsung di kawasan perbatasan.

Kementerian Penyatuan Korea Selatan mengatakan upaya mereka pada Senin 11 Maret untuk menghubungi Utara melalui jalur komunikasi langsung tidak berhasil.

Komunikasi langsung ini dimulai pada tahun 1971 dan sebelumnya juga pernah beberapa kali diputus.

Korea Utara dan Selatan secara prinsip masih dalam keadaan perang karena hanya menandatangani gencatan senjata untuk menghentikan perang 1950-1953 namun tidak pernah mencapai kesepakatan damai.


sumber : BBC
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Latihan militer Amerika Serikat Korsel dimulai
Ditulis oleh sukacita
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://yoilah.blogspot.com/2013/03/latihan-militer-amerika-serikat-korsel.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

2 comments:

Anonymous said...

wow..mwnuju PD 3

candra wae said...

mau perang beneran nie..

Post a Comment

Komentar

Template by Berita Update - Trik SEO Terbaru. Original design by Bamz | Copyright of Pilpres , Capres, Jokowi, Prabowo indonesia 2014.