Gerindra Minta Pilkada Pakai APBN, Bukan APBD

Posted by sukacita 1 comments
Partai Gerindra memandang pemilihan kepada daerah sebaiknya menggunakan APBN. Bukan APBD seperti yang selama ini telah berlangsung.

"Jika dari APBD, peluang politisasi anggaran sangat besar dilakukan oleh para politisi lokal. Namun peluangnya akan kecil bila dialokasikan dari APBN," kata Wakil Ketua DPP Partai Gerindra, Fadli Zon, Sabtu (16/2).

Hal itu, lanjutnya, bisa dilakukan jika pilkada digelar secara serentak. Karena sistem itu merupakan suatu kebutuhan bagi demokrasi. Karena, cara ini akan dapat menghapus biaya politik tinggi yang tinggi.

"Selain itu juga akan meningkatkan kualitas demokrasi, yang esensinya harus menyejahterakan rakyat," tambahnya.

Menurutnya, mekanisme pilkada yang diselenggarakan sejak 2005 harus segera dievaluasi. Karena sistem itu sangat tak efisien. Baik secara anggaran mau pun pelaksanaan.

Ia menjelaskan, pembiayaan pilkada selama ini diambil dari dana APBD. Untuk pilkada kabupaten dan kota saja minimal menghabiskan Rp 25 miliar. Sedangkan pilkada provinsi minimal Rp 100 miliar.

Bagi daerah yang memiliki pendapatan rendah, lanjutnya, biaya sebesar itu jelas memboroskan anggaran daerah. Sehingga akan mempengaruhi alokasi untuk pendidikan, kesehatan, atau pembangunan infrastruktur lainnya.

sumber : republika.co.id
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Gerindra Minta Pilkada Pakai APBN, Bukan APBD
Ditulis oleh sukacita
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://yoilah.blogspot.com/2013/02/gerindra-minta-pilkada-pakai-apbn-bukan.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

1 comments:

susuultra022 said...

daftar sabung ayam

Post a Comment

Komentar

Template by Berita Update - Trik SEO Terbaru. Original design by Bamz | Copyright of Pilpres , Capres, Jokowi, Prabowo indonesia 2014.