Mengapa Terjadi Ledakan Saat Meteor Jatuh?

Posted by sukacita 1 comments
Pada Jumat pagi, penduduk Chelyabinsk Rusia dikejutkan oleh bola api raksasa yang melesat dari langit. Ledakan, yang disebabkan oleh meteorit kecil yang memasuki atmosfer, dilaporkan melukai ratusan orang dan bak "meniup" jendela yang membuat kaca-kacanya pecah.

Mengapa meteor meledak? Asteroid hanya bongkahan batu, jadi apa yang membuat mereka begitu meledak-ledak? Hanya satu jawaban untuk pertanyaan ini: kecepatan.

Energi kinetik, atau energi gerak, dari asteroid yang 'ngebut' sampai ke Bumi sangat besar. Meteor Rusia memasuki atmosfer dengan kecepatan 64.374 km per jam, kata Bill Cooke, pimpinan Unit Meteor di NASA Marshall Space Flight Center di Huntsville, Alabama mengatakan dalam sebuah konferensi pers.

"Ini lebih cepat dari bongkahan asteroid atau komet yang menyebabkan peristiwa Tunguska 1908 diperkirakan telah memasuki atmosfer dengan kecepatan sekitar  53.913 km/jam," katanya. Peristiwa lebih dari seabad lampau ini menimbulkan kerusakan yang parah di Siberia.


Ledakan meteor besar tidak terjadi setiap hari, terutama di daerah berpenduduk, tetapi tak bisa dihindari .Meteor ukuran besar memasuki atmosfer setiap beberapa tahun sekali, kata Mark Boslough, seorang fisikawan di Sandia National Laboratories di New Mexico yang mempelajari dampak jatuhnya meteor.


Gelombang kejut yang menyebabkan kaca-kaca pecah seperti yang terjadi di Russia, katanya, adalah interaksi asteroid dengan atmosfer yang membuatnya panas.  "Ini seperti TNT dengan energi lebih banyak," kata Boslough.

sumber : tempo.co
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Mengapa Terjadi Ledakan Saat Meteor Jatuh?
Ditulis oleh sukacita
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://yoilah.blogspot.com/2013/02/mengapa-terjadi-ledakan-saat-meteor.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

1 comments:

susuultra022 said...

bandar sabung ayam

Post a Comment

Komentar

Template by Berita Update - Trik SEO Terbaru. Original design by Bamz | Copyright of Pilpres , Capres, Jokowi, Prabowo indonesia 2014.