Ledakan Meteor Bukan Akibat Asteroid 2012 DA14

Posted by sukacita 1 comments
Ledakan meteor Rusia yang melukai lebih dari 500 orang dan merusak ratusan bangunan bukan disebabkan oleh asteroid 2012 DA14 yang mendekati bumi baru-baru ini. Don Yeomans, ahli asteroid NASA sekaligus kepala Near-Earth Object Program Office, mengatakan benda yang meledak di atas langit Eropa timur kemarin kemungkinan adalah bola api besar yang meledak dan dikenal sebagai bolide.

"Jika laporan kerusakan tanah dapat diverifikasi, mungkin dapat ditentukan ukuran obyek asli saat beberapa meter sebelum memasuki atmosfer. Bagian yang terpecah dan ledakan karena tekanan yang tidak sama antara sisi muka dan sisi ekor," kata Yeomans. Ia menekankan bahwa fenomena bolide ini kemungkinan besar tidak terkait sama sekali dengan asteroid 2012 DA14 yang mendekat dalam jarak 27 ribu kilometer dari Bumi.

"Asteroid tersebut melakukan perjalanan dari selatan ke utara," ujar Yeomans. Sementara itu, jejak bolide tidak bergerak dari arah itu. Selain itu, rentang waktu antara bolide dan 2012 DA14 sangat signifikan.

Asteroid 2012 DA14 memiliki lebar 45 meter atau separuh dari ukuran lapangan sepak bola. Benda luar angkasa ini akan mendekati permukaan bumi pada pagi dinihari tadi melewati langit Indonesia. Jarak asteroid tersebut hanya 8.046 kilometer dari bumi dan jarak ini lebih dekat daripada satelit komunikasi yang mengitari planet pada orbit geosynchronous.

Ilmuwan NASA dan astronom profesional maupun amatir di seluruh dunia telah melacak asteroid 2012 DA14 yang sejak pertama kali ditemukan oleh tim amatir pada Februari 2012. Para ilmuwan NASA menegaskan bahwa asteroid ini tak akan menabrak bumi, bahkan di masa mendatang. Simak berita iptek lainnya di sini.

sumber : tempo.co
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Ledakan Meteor Bukan Akibat Asteroid 2012 DA14
Ditulis oleh sukacita
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://yoilah.blogspot.com/2013/02/ledakan-meteor-bukan-akibat-asteroid.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

1 comments:

susuultra022 said...

bandar sabung ayam

Post a Comment

Komentar

Template by Berita Update - Trik SEO Terbaru. Original design by Bamz | Copyright of Pilpres , Capres, Jokowi, Prabowo indonesia 2014.